Sampah Plastik di Indonesia

Sampah Plastik di Indonesia
July 19, 2019 No Comments Indonesia, Lingkungan, Plastik, Sampah Indra Purnama

Indonesia tengah menghadapi masalah terkait melimpahnya sampah plastik. Saat ini, negara kita menjadi negara kedua setelah Cina yang paling banyak membuang sampah plastik ke lautan dunia. Menurut sebuah studi oleh University of Georgia, diperkirakan 3,22 juta metrik ton sampah plastik dibuang setiap tahun ke laut di sekitar Indonesia, sementara 8,82 juta metrik ton limbah plastik China lainnya juga masuk ke laut.

Di Indonesia, kita bisa menemukan plastik di mana-mana. Selain dari kantong plastik, kita juga dapat menemukan benda sehari-hari seperti meja dan kursi yang terbuat dari plastik. Hal ini mungkin karena produk plastik lebih murah untuk diproduksi di dalam negeri. Keberadaan kantong plastik di mana-mana, dikombinasikan dengan kurangnya kesadaran masyarakat tentang bagaimana sampah plastik dapat merusak lingkungan menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia menghadapi kesulitan ini.

Efek dari melimpahnya sampah plastik ini sebenarnya terlihat sangat jelas, karena sungai dan lautan menjadi tersumbat oleh sampah plastik. Pun sampah plastik dalam jumlah yang sangat besar juga mempengaruhi kehidupan laut karena hewan sering terjerat dalam sampah plastik dan mati, bahkan banyak juga keracunan dikarenakan material berbahaya yang terkandung dalam bahan plastik. Seperti kita ketahui sampah plastik sulit terurai di lingkungan, sehingga bisa bertahan hingga ratusan tahun.

Indonesia telah menetapkan target untuk mengurangi sampah plastik sebanyak 70% di laut pada 2025. Akankah ini terwujud? Itu semua tergantung dari kita dan kebiasaan kita.

#IndonesiaBerkelanjutan
#GenerasiHijau
#MilenialBerkarya
#SalamHijau
#HijaukanIndonesia
#NoMorePlastic

Sumber informasi:
https://theaseanpost.com/…/indonesias-plastic-waste-problem…
https://www.msn.com/…/pemerintah-menargetkan-bis…/ar-BBQUkx7

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *